Saturday, March 12, 2011

Resume

Kesimpulan Kelompok Kedua

Perilaku Konsumen

Jujur saja saya hanya mengerti sedikit tentang perilaku konsumen yang di presentasikan oleh kelompok kedua. Karena kelompok kedua hanya ada 3 atau 4 orang saja pada saat itu.
Konsumen adalah Seseorang yang memliliki pendapatan (uang) yang dipergunakan untuk membeli suatu kebutuhan barang tertentu. Adapun perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan proses dan hubungan sosial yang dilakukan seseorang individu atau kelompok dan organisasi dalam mendapatkan atau menggunakan produk.
Ada dua teori pendekatan perilaku konsumen, yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal. Perilaku konsumen ini sangat didasari dengan motivasi, dan kebutuhan konsumen itu sendiri.
Dalam penjelasan diskusi kemarin masyarakat indonesia kebayakan memiliki perilaku konsumtif, yaitu membeli suatu barang karena tuntutan zaman bukan sesuai dengan tututan kebutuhan. Kebanyakan masyarakat indonesia dipengaruhi oleh unsur budaya dan gaya hidup.
Gaya Hidup adalah Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, interest dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari sekedar kelas sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan pola beraksi dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia. Jadi gaya hidup juga sangat penting dalam perilaku konsumen, karena negara kita tidak cocok dengan gaya hidup negara lain yang mungkin memiliki kehidupan berbudaya masing-masing.
Seperti dalam pertanyaan diskusi kemarin gaya hidup (lifestyle) seseorang dan pergaulan disekitar kita dapat mempengaruhi perilaku konsumen?
Banyak versi yang menjawab tapi yang jelas menurut saya gaya hidup itu bisa aja mempengaruhi karena anak muda jaman sekarang banyak yang mengikuti trend masa kini, dan pergaulan juga sangat bisa mempengaruhi, karena pergaulan membuat seseorang mengikuti apa yang jadi trend teman-temannya.


No comments:

Post a Comment