Friday, October 19, 2012

Revisi Kasus Pabrik Biskuit


Revisi
Nama                   : Muhammad Syarif
Kelas/NPM          : 4KA12/10109334
Mata Kuliah         : Konsep Sistem Informasi Lanjut..

Masalah;
• Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut disebuah supermarket?

Gambar Supply chain :

SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
• Where do you source your materials?
• Where do you process or convert them?
• What channels of distribution do you use?
• How do you build a strong relationship with your suppliers and customers?
• How do you get direct information from your end-consumers?
• What logistics structure should you impose?
• How do you coordinate your information flows and systems globally?
• And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance?

 
Dalam membuat biskuit dalam jumlah besar, pasti diperlukan bahan baku yang banyak pula. Oleh sebab itu perusahaan pembuat biskuit haruslah bekerja sama kepada pabrik-pabrik yang berhubungan dengan pembuatan biskuit tersebut, diantaranya :
·         Supplier bahan baku
·         Pabrik atau penghasil telur
·         Pabrik terigu
·         Pabrik susu
·         Pabrik gula
·         Pabrik mentega
·         Supplier bahan kemasan
      ·         Pabrik Kaleng atau seng
      ·         Pabrik Kertas
            ·         Konsumen

Bahan-bahan baku tersebut diolah bersama-sama oleh department pengolahan baku dipabrik biskuit tersebut. Dari pengolahan tersebut akan dihasilkan biskuit yang sesuai selera konsumen. Setelah biskuit ini selesai, maka sekarang tugas nya para supplier kemasan untuk membuat kemasan biskuit ini. Kemasan yang menarik adalah salah satu factor penunjang dalam mengikat daya tarik konsumen untuk membeli. Pabrik kaleng membuat kaleng yang sesuai dengan ukuran besar kecilnya biskuit dan pabrik kertas membuat label merk biskuit tersebut.
Dalam memasarkan atau menditribusikan biskuit ini, mareting perusahaan mempunyai tugas penting dalam menentukan distributor mana yang baik dalam memasarkan biskuit tersebut, untuk sampai ketangan konsumen biasanya distributor menyalurkan ke pedagang, baik agen, supermarket ataupun pedagang eceran, dari alur tersebut baru lah sampai ke tangan konsumen.